ramawillmetamorphose

Different and Proud

Kokuhaku (2010)

capture-20140101-143531

Cerita dimulai dengan suasana sebuah kelas 7 di salah satu sekolah Jepang yang sangat tidak kondusif. Mereka dibagikan oleh sang Ibu guru susu botol dan semua meminumnya dengan wajah ceria. Ternya hari itu adalah hari terakhir sang Ibu Guru tersebut mengajar disekolah tersebut. Suasana digambarkan tidak kondusif, ada yg mendengarkan sang Ibu guru, menggosip, bertengkar, main hengpon, make-up, belajar, membaca dsb. Tapi Ibu Guru tersebut tetap bercerita. Murid-murid yang awalnya sangat tidak kondusif mulai tertarik dengan pengakuan-pengakuan sang Ibu Guru hingga pengakuannya tentang kematian anak satu2nya. Sang Ibu guru menyadari kalau anaknya bukan mati karena tenggelam di kolam renang sekolah. Tetapi ada yang “membunuhnya” dan itu adalah muridnya sendiri dikelas ini. Sang Ibu guru tidak menyebut langsung siapa orangnya, tetapi menyebutkan ciri-cirinya yg sangat mudah sekali ditebak seisi kelas. pembunuhnya ada 2 orang, yaitu Murid A dan Murid B. Murid A adalah siswa terpintar dan berprestasi disekolah dan Murid B adalah siswa pendiam dan anak Mama yang tidak punya teman. Sang Ibu Guru merincikan bagaimana pembunuhan itu terjadi dan menunjukan bukti-bukti yang mengarah ke mereka berdua. Sang Ibu guru tidak ingin menyeret mereka ke Polisi karena menurutnya “Mereka tidak akan mendapat hukuman yang setimpal. Hukum di negara ini terlalu ringan untuk anak dibawah umur”. Lantas apa yang dilakukan si Ibu guru? Dengan tenang dan dinginnya Ibu guru memberitahu kalau 2 susu botol yang Murid A dan Murid B telah minum memiliki ekstra campuran, yaitu Darah suaminya yang mengidap virus HIV. Seisi kelas pun gempar dan heboh.

Itu tadi baru baru monolog selama 30 menit, cerita selanjutnya merupakan lanjutan kisah setelah sang Ibu guru pergi dari sekolah menurut beberapa sudut pandang karakter setelah kejadian hari itu. Yep, Murid A yang tampak biasa saja dan tetap bersekolah seperti tidak ada kejadian, tetapi dibully teman sekelasnya, Murid B yang sangat depresi hingga tidak mau sekolah lagi dan lebih mengurung diri dikamar, Murid C yang aku gak terlalu ngerti sudut pandang dia. Yang jelas semua orang menyalahkan dia karena diduga dia menceritakan kejadian ini ke Guru Baru , dan Ibu Murid B yang tampak terpukul dan menyalahkan Sang Ibu Guru.

Sebuah drama thriller pshycology yang cukup menarik dan menegangkan dibalut dengan sinematografi yang sangat memanjakan mata karena menggambarkan suasana yang suram dan depresif, menegaskan kekelaman film ini. Efek-efek slow-mo yang sesuai dan diiringi Musik Radiohead yang menyayat hati. Wow sekali film ini .

fav
Suka banget scene ini. Terutama jam, maknanya dalam banget :’)

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s