ramawillmetamorphose

Different and Proud

Partikel Tuhan ?

Partikel tuhan? di awal-awal Juli kemarin hangat-hangatnya membahas tentang partikel tuhan ini. Sebenarnya bukan hal baru (di kalangan penelitinya), tapi booming karena CERN membuat pernyataan tentang semakin yakin kalo mereka telah menemukan partkel tuhan tersebut.

Okay, Sebenarnya, apa sih definisi Partikel Tuhan itu ?

Beberapa referensi yang aku baca awalnya, partikel ini ditemukan Peter Higgs, 48 tahun silam. Istilah “partikel Tuhan” dikenal sejak 1993, dari buku yang berjudul “The God Particle: If the Universe is the Answer, What is the Question?” karya penerima Nobel bidang Fisika, Leon M. Lederman.
Higgs menceritakan, awalnya sih sang penulis ngasih nama partikel itu “Goddamn particle” alias “partikel terkutuk”, saking sulitnya ditemukan. Tapi, editor gak suka, dan mengubahnya menjadi “God particle” alias “partikel Tuhan”. “Istilah itu tidak digunakan para fisikawan, ntapi menarik bagi umum,” kata Higgs.Tapi gara-gara istilah itu, proyek pencarian partikel yang memakan dana besar mendapat perhatian dunia. Istilah “partikel Tuhan” terdengar lebih seksi, dan menggelitik dari pada “Higgs boson”. Sekaligus mengundang kemarahan kaum religius tentunya. *Ngakak*

Dengan istilah partikel Tuhan inilah para peneliti diseluruh dunia jadi ngerasa tertantang untuk berlomba-lomba menemukan partikel yang dianggap sebagai rahasia dari pembentukan alam semesta ini. Kayak berita yang dikutip dari Daily News bahkan pencarian partikel ini telah melibatkan 3000 ilmuan dari 40 negara di bawah sebuah lembaga Organisasi Penelitian Nuklir Eropa (CERN) yang berkantor di Jenewa Swiss. Salah satunya ada Fisikawan yang dari Indonesia, yaitu kalo gak salah Suharyo Sumowidagdo…………

Dan akhirnya 4 Juli 2012 lalu kantor Center For Nuclear Research (CERN) secara resmi mengumumkan penemuan partikel barunya yang memiliki masa sekitar 125-126 gigaelectronovolts (GeV). itu berarti sekitar 130 kali lebih berat dari proton yang jadi inti dari setiap atom. Penelitian itu memake Large Hadron Collider (LHC) (yang konon secara teori, kata fisikawan Indonesia – Suharyo LHC ini dapat menghasilkan lubang hitam mini /mini black hole ketika partikel saling tabrak. Kaitannya sih ke isu kiamat 2012) , pemercepat partikel sepanjang 27 kilometer, terkubur di bawah tanah di perbatasan Prancis dan Swiss. Dibangun dengan dana US$10,5 miliar, alat itu dipakai untuk menciptakan kembali kondisi setelah Big Bang, ledakan mahabesar, yang diduga sebagai awal penciptaan alam semesta.

Kabarnya, 1 Agustus 2012 kemarin, Ilmuan CERN semakin yakin kalo mereka telah menemukan partikel tuhan ini.Para Ilmuwan yakin karena hasil dari berkali uji coba mereka udah sampe level kebenaran sebanyak 5,9 sigma. Para Ilmuwan telah menyepakati nilai 5 sigma sebagai nilai standar dalam menyatakan penemuan. So, dengan nilai yang didapat tersebut Ilmuwan menyatakan bahwa partikel Higgs-Bosson telah ditemukan.
Untuk lebih jelasnya, liat aja di sini Ilmuan CERN telah yakin temukan partikel tuhan atau hubungan partikel tuhan dengan pembentukan alam semesta

——————————————————————————————————————————————————
Kayakmana teori lebih dalam dan bagaimana sistem pencarian partikel tuhan ini aku kurang begitu mengerti. Coz, dari dulu aku paling benci sama yang namanya Fisika. Entah kenapa, alergi sama yang namanya fisika *wkwkwkwk*. Walopun beberapa teorinya menarik, tapi kalo udah pendalaman = kayak dongeng sebelum tidur buatku.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s